Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan
Ikan laut, termasuk “seafood” lainnya, merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, dan merupakan sumber penting asam lemak omega 3.
Ikan laut baik untuk tambahan diet karena kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat. Orang yang sering makan ikan cenderung mengonsumsi lebih sedikit daging dan keju.
Beberapa cara sehat untuk memasukkan ikan laut dalam program diet Anda di antaranya bisa dengan cara dipanggang, rebus, dan dikukus atau dimakan mentah dengan cuka. Ikan laut sangat direkomendasikan oleh banyak pakar kesehatan sebagai makanan dengan manfaat kesehatan yang kompleks.
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi ikan laut :
1. Kesehatan kardiovaskular
Asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan laut telah terbukti manfaatnya bagi jantung, arteri, dan vena yang membentuk sistem kardiovaskular Anda. Konsumsi ikan laut dapat membantu mencegah penyakit jantung dan gagal jantung dengan mencegah akumulasi trigliserida, mengurangi tingkat trigliserida berlebih, meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan mencegah pembekuan darah. Studi para ahli dari Harvard School of Public Health menyimpulkan, makan sampai dua porsi ikan dalam seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung tiga kali lipat. Hal ini sesuai penelitian yang dilakukan DR. Jorn Dyerberg dari Universitas AArhus Denmark mempelajari gaya hidup orang Eskimo yang menjadi awal ditemukanya Omega 3 sebagai senyawa penting untuk Kesehatan.Pada 1975, dinyatakan 40% angka kematian usia 64 tahun di Amerika Serikat disebabkan oleh penyakit jantung Koroner. sedangkan di Green land, Penyakit itu hanya menyebabkan 4,6% kematian orang Eskimo.
Pantas jika Jorn penasaran denagn fenomena itu. Kala itu selain ikan laut, daging anjing laut yang tinggi lemak jadi menu harian orang Eskimo. Namun nyatanya, penyakit jantung koroner tak banyak menyerang orang Eskimo.
Usust punya usut, pemeriksaan lemak dalam darah orang Eskimo menunjukkan tingginya kandungan 2 jenis asam lemak tak jenuh rantai panjang. kadranya lebih tinggi daripada kelompok orang suku Danes yang diteliti sebagai pembanding dengan tingkat resiko jantung koroner tinggi. Hasil penelusuranya menunjukan sumber asam lemak itu berasal dari ikan yang dikonsumsi orang Eskimo.
2. Menurunkan tekanan darah
Minyak ikan laut sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah, tetapi peran mereka dalam pencegahan belum jelas. Namun, mengasup banyak minyak ikan laut tidak dianjurkan karena akan membuat darah terlalu encer.
3. Menurunkan berat badan
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Georgia, minyak ikan laut dengan DHA membantu menghentikan konversi pra-sel lemak ke dalam sel lemak sehingga mengurangi penumpukan lemak secara keseluruhan. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan, konsumsi kapsul minyak ikan laut diikuti dengan berolahraga efektif menurunkan lebih banyak lemak daripada olahraga tetapi tanpa asupan suplemen minyak ikan.
4. Menekan risiko kanker
Omega 3 dalam ikan laut telah terbukti membantu mencegah tiga jenis kanker yang paling umum, yakni kanker payudara, kolon, dan prostat. Suplemen minyak ikan juga dapat membantu pasien yang menderita hiperlipidemia.
5. Meningkatkan fungsi otak
Asam lemak omega-3 pada ikan laut dapat membantu perkembangan otak Anda. Asupan omega-3 yang tepat dapat membantu meningkatkan fokus mental pada anak-anak dan orang dewasa. Sebuah studi baru menunjukkan, suplemen minyak ikan dapat meningkatkan memori pada orang dewasa. Para peneliti juga menemukan manfaat asam lemak omega-3 pada ikan laut dalam meningkatkan perkembangan otak bayi dan anak-anak.
6. Melawan peradangan
Ikan, terutama minyak ikan, memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, ikan efektif dalam mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan. Asam lemak omega-3, khususnya EPA, banyak ditemukan dalam minyak ikan dan memiliki efek yang sangat positif pada respons inflamasi sehingga sangat membantu dalam mengurangi radang sendi, prostatitis (radang prostat), dan sistitis (radang kandung kemih).
7. Menyehatkan mata
Konsumsi ikan sangat baik karena mempunyai kemampuan dalam memperbaiki penglihatan. Ikan dapat melawan degenerasi makula (bagian tengah retina), glaukoma, dan sindrom mata kering. Sebuah studi baru menemukan bahwa orang yang makan setidaknya dua porsi ikan per minggu lebih kecil kemungkinan mengalami degenerasi makula terkait (penyebab utama kebutaan terkait usia) dibandingkan orang yang tidak makan ikan sama sekali. Para peneliti mengatakan, asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko inflamasi dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.
8. Perawatan kulit
Konsumsi ikan membantu menjaga kulit dalam kondisi baik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Lipid Research, asam lemak omega-3 EPA yang ditemukan dalam minyak ikan dapat membantu mencegah keriput dan menunda proses penuaan kulit. Bahkan, menurut beberapa studi terbaru, suplemen minyak ikan dapat menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.
9. Mengatasi depresi
Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan baik untuk mengurangi depresi dan kecemasan. Studi telah menemukan bahwa masyarakat yang mengonsumsi banyak ikan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.
Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan
Incoming search terms:
- cara memasak ikan dori (26)
- manfaat ikan dori untuk bayi (11)
- manfaat ikan saba (4)
- manfaat ikan dori bagi kesehatan (3)
- manfaat kesehatan ikan laut dori (2)
- ikan dori termasuk jenis ikan? (1)
- manfaat ikan laut untuk kesehatan (1)
- manfaat ikan laut dori (1)
- manfaat ikan kerapu bagi balita (1)
- manfaat ikan dori untuk pasien kolesterol (1)




